Kamis, 19 Juli 2012

Sekilas Proker HPL yang sudah terealisasikan


-          MORSE
Alias Momen Olahraga, seni dan edukasi merupakan acara semacam pekan olahraga, seni dan pendidikan yang diadakan sejurusan PGSD UPP Tegal. Acara ini diwanai oleh berbagai macam lomba antar semester serta antar rombel. Nah Lomba – lomba yang diadakan antara lain lomba voli putra, voli putri, futsal putri, bulutangkis ganda putra dan ganda campuran, lomba essay, lomba madding, lomba kreativitas barang bekas, lomba kaligrafi , dan lain – lain. Acara pebukaan morse tahun ini diawali dengan dilepasnya balon berwarna-warni oleh Koordinator kita. Dan sebagai juara Umumnya adalah semester 8 fresh.

-          Lomba SD yang diselenggarakan saat MORSE adalah cabang Lomba Cerdas Cermat dan Lomba Geguritan. Kegiatan ini diikuti oleh SD se-Kota Tegal baik negeri maupun swasta. Lomba Geguritan dihadiri oleh Pak Mahadi dan Pak Utoyo sebagai juri. sedangkan untuk LCC berlangsung 3 tahap, babak penyisihan di ikuti oleh seluruh peserta melalui tes tertulis, babak semi final diikuti oleh 9 tim peserta terbaik saat tes tertulis melalui sistem LCC dan kemudian babak final melalui system LCC dengan # regu terbaik babak semifinal.

-          Apa Kabar PGSD bersama Pembantu Rektor 3
Apa Kabar PGSD merupakan kegiatan program dari DPM KM yang bekerja sama dengan HIMA PGSD UPP Tegal. DPM KM adalah Dewan Perwakilan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 24 Maret 2012, yang menghadirkan Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd., beserta para Pembantu Dekan Bidang Kemahiswaan seluruh fakultas di UNNES. Dengan kegiatan ini, PGSD Tegal berhasil memberikan aspirasi sepeda kampus dan terealisasi dengan jumlah 101 unit sepeda.

-          Pendatangan Sepeda                        
Sepeda kampus merupakan salah satu aspirasi mahasiswa PGSD UPP Tegal yang disampaikan pada saat acara “ Apa Kabar PGSD bersama Pembantu Rektor III “ . Setelah menyampaikan aspirasi langsung ke Pembantu Rektor III, upaya yang dilakukan HIMA PGSD UPP Tegal untuk mendatangkan sepeda kampus yaitu dengan mengirimkan surat permohonan pengadaan sepeda pada bulan  Maret 2012. Pada bulan April 2012 aspirasi mahasiswa dapat terealisasi yaitu dengan datangnya sepeda kampus yang berjumlah 101 unit ke kampus PGSD UPP Tegal. Sepeda kampus tersebut digunakan oleh mahasiswa, dosen dan karyawan untuk memudahkan transportasi. Dengan adanya sepeda kampus, HIMA PGSD UPP Tegal mengadakan kegiatan “ Gowes Bareng “ setiap dua minggu sekali.



-          Gowes merupakan program lanjutan dari adanya pengadaan sepeda yang didatangkan dari pusat, berdasarkan hasil dari apa kabar PGSD bersama Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd. Gowes ini biasanya dilaksanakan pada hari minggu pagi, yang dilaksanakan oleh mahasiswa PGSD UPP Tegal yang berminat untuk ikut. Gowes pertama hanya di ikuti oleh sepuluh mahasiswa, karena saat itu belum ada sepeda kampus. Namun setelah ada sepeda kampus, pelaksaan gowes kedua lebih diminati.

-          Kongres FIKMA dan Muswil II IKMA PGSD se-Indonesia
Dalam rangka mempererat tali silaturrahmi antarmahasiswa PGSD se- Jawa dan sekitarnya dengan berbagai wawasan, pengetahuan, dan informasi mengenai pendidikan pada umumnya dan pendidikan dasar pada khususnya, maka diadakanlah Kongres FIKMA PGSD se-Jawa dan MUSWIL II IKMA PGSD Indonesia di Universitas Kristen Satya Wacana yang di dalamnya akan dilaksanakan pendemisioneran pengurus Forum Ikatan Mahasiswa PGSD se-Jawa, peleburan Forum Ikatan Mahasiswa PGSD se-Jawa menjadi Wilayah II Jawa, penetapan Koordinator Wilayah II Jawa, pembahasan program kerja Wilayah II Jawa ke depan.
Kongres FIKMA PGSD se-Jawa dan MUSWIL II IKMA PGSD Indonesia dimulai hari Kamis tanggal 7 Juni 2012 dan diakhiri hari Minggu tanggal 10 Mei 2012 yang bertempat di Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga yang diikuti oleh berbagai perguruan tinggi se-Jawa, Bali, NTT, dan NTB yang memiliki Program Studi PGSD. Kongres ini akan dihadiri sebanyak 100 delegasi.
-          Seminar Nasional Pendidikan dengan tema “Peran Pendidikan Profesi Guru dalam Meningkatkan Karakter Pendidik” merupakan kerjasama antara BEM KM UNNES dengan HIMA PGSD UPP Tegal 2012. Seminar ini dilaksanakan tanggal 26 Mei 2012 dengan pembicara Drs. Sutarmanto, M.Pd dari Dinas Pendidikan Jawa Tengah dan (Taufik Tea) Moh. Taufik Hidayatulloh, M.Si, penulis buku Inspiring Teaching dan Inspiring Learning. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar