Senin, 09 Maret 2015

RAPAT KERJA HIMPUNAN MAHASISWA PGSD UPP TEGAL FIP UNNES


RAPAT KERJA HIMPUNAN MAHASISWA PGSD UPP TEGAL FIP UNNES

Hai Gaeesss, Salam 15TIMEWA” untuk kita semua

Waaah, uadah memasuki minggu kedua perkuliahan yaa, gimana nih udah pada mulai sibuk dengan tugas? Walaupun sibuk tapi harus tetap semangat yaa buat kalian..
Kemarin tepatnya Hari Minggu, 8 Maret 2015 Himpunan Mahasiswa PGSD UPP TEGAL FIP UNNES telah mengadakan Rapat Kerja Tahunan untuk periode 2015/2016. Acara ini dilaksanakan di Aula Asrama yang dihadiri oleh Koordinator PGSD UPP TEGAL, Drs. Akhmad Junaedi, M.Pd, seluruh fungsionaris HIMA 2015, dan perwakilan BSO. Acara berjalan dari pukul 07.30 WIB dan berakhir kira-kira pukul 14.30 WIB.
Acara berlangsung dengan lancar yang diawali dengan Pembukaan dan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh Ahmad Andi Purnomo, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya oleh semua fungsionaris. Tak lupa, seperti biasanya acara diawali dengan Sambutan oleh Ketua Panitia Rapat Kerja HIMA 2015 yaitu Rilo Eko Pambudi yang selanjutnya dilanjutkan dengan Sambutan oleh Ketua HIMA 2015 yaitu Nur Hafidh Ramadhan.
Memasuki acara inti yaitu penyampaian Program Kerja dari Pengurus Harian dan masing-masing Departemen, yang kali ini diawali oleh Pengurus Harian meliputi Ketua dan Wakil Ketua HIMA 2015, Nur Hafidh Ramadhan dan Fahmi Nafis Arifin yang dalam program kerjanya menekankan pada kerja fungsionaris HIMA 2015 yang lebih optimal dari tahun sebelumnya. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian program kerja dari Biro Kesekretariatan yaitu Khuswatul Khasanah dan Dianita Utami yang menyampaikan tentang koordinasi antar Fungsionaris untuk lebih ditingkatkan lagi terutama masalah administrasi seperti proposal dan surat-surat masuk maupun keluar. Diharapkan nantinya dalam pelaksanaan program kerja HIMA 2015, dalam setiap kegiatan memiliki koordinasi yang lebih baik agar segala yang diperlukan dapat segera dikumpulkan dan diselesaikan. Selanjutnya adalah penyampaian program kerja dari BRTO (Biro Rumah Tangga Organisasi) yaitu Wulan Mayangsari dan Kurnia Ayu Cahyani, yang salah satu program kerjanya adalah Emblemisasi untuk fungsionaris HIMA 2015 pada khususnya, dan seluruh warga kampus PGSD UPP TEGAL pada umumnya. Pilihan yang diajukan diantaranya pembuatan kaos, baju batik dan jaket, dan untuk pelaksanaannya dapat sambil berjalan (menyesuaikan). Program kerja ini bekerja sama dengan Departemen Pengabdian Masyarakat dan Lingkungan Hidup.
Setelah BRTO menyampaikan Program Kerjanya, selanjutnya adalah Biro Keuangan yaitu Widya Nabila, Laili Arifah Ahnis dan Feni Rahayu. Kemarin, Widya Nabila dan kawan-kawan menyampaikan tentang dana PNBP yang telah turun untuk PGSD UPP TEGAL. Dari Fakultas, dana PNBP tahun ini untuk PGSD UPP TEGAL sebesar Rp. 26.000.000,-. Jumlahnya memang berkurang dari tahun sebelumnya dikarenakan  adanya beberapa factor seperti berkurangnya jumlah mahasiswa FIP pada tahun ini dan banyaknya mahasiswa yang mengajukan Banding UKT sehingga dana PNBP yang memang diperoleh dari dana kemahasiswaan menjadi berkurang. Dan dana yang sebesar Rp. 26.000.000,-  itupun  belum dana bersih karena belum termasuk potongan-potongan. Itu adalah penuturan dari Widya Nabila.
Selanjutnya adalah penyampaian Program Kerja dari masing-masing Departemen yang diawali oleh Departemen Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa dengan Kepala Departemen yaitu Dina Ria Anisa. Salah satu program terbaru dari Departemen ini adalah diadakannya Sunday Morning dan Funny PGSD. Kegiatan ini melibatkan seluruh fungsionaris dan seluruh mahasiswa PGSD UPP TEGAL dimana tujuan dari kegiatan ini sebagai salah satu alternative mahasiswa setelah penat mengikuti perkuliahan. Nah temen-temen bisa ikutan nih acara ini biar sedikit meregangkan otot-otot yang menegang selama kuliah hehe  J
Setelah itu dilanjutkan dengan penyampaian Program Kerja dari Depatremen Infokom dengan Laeli Masfufah sebagai Kepala Departemennya. Salah satu program besar dari Departemen ini adalah PEKKA 2015 yang merupakan acara tahunan sebagai ajang pengenalan kehidupan kampus untuk mahasiswa baru. Sedangkan untuk program baru dari Departemen Infokom adalah perencanaan pembuatan Forum Angkatan yang tujuannya sebagai sarana dan memberikan ruang diskusi kepada para mahasiswa terutama per angkatan, sehingga saat ada kegiatan-kegiatan besar dapat dipersiapkan lebih optimal. Setelah Departemen Infokom menyusul Departemen Pengabdian Masyarakat dan Lingkungan Hidup dengan Khaidar Ali Purnomo sebagai Kepala Departemennya. Disini, Departemen Pengabdian Masyarakat dan Lingkungan Hidup merupakan Departemen baru yang mengusung Program Kerja salah satunya adalah penanaman pohon di sekitar Kampus PGSD UPP TEGAL dimana dalam pelaksanaanya bekerja sama dengan pihak Perhutani Kota Tegal. Selain penanaman pohon juga ada Bakti Sosial dan Emblemisasi yang telah disebutkan di awal bekerja sama dengan BRTO.
Setelah Departemen Pengabdian Masyarakat dan Lingkungan Hidup menyampaikan Program Kerjanya, dilanjutkan dengan penyampaian Program Kerja dari Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) dengan Kepala Departemen Eviriana. Program Kerja yang cukup besar dari Departemen ini adalah Seminar Nasional yang diikuti oleh seluruh Dosen dan seluruh Mahasiswa PGSD UPP TEGAL yang sebenarnya sudah direncanakan sejak tahun lalu tetapi karena adanya beberapa kendala sehingga belum dapat terlaksana.
Waktu terus berjalan, tidak terasa memasuki waktu Dzuhur sehingga acara dihentikan sejenak untuk beristirahat. Acara dilanjutkan pukul 13.00 dengan agenda terakhir penyampaian Program Kerja oleh Departemen Bakat dan Minat dengan Kepala Departemen Karlina Diani Rachma. Program Kerja unggulan dari Departemen ini adalah MORSE (Momen Olahraga, Seni dan Edukasi). Program Kerja ini dari tahun ke tahun mendapatkan minat yang cukup banyak dari para mahasiswa dan diharapkan di tahun ini akan lebih baik lagi pelaksanaannya. Program Kerja baru dari Departemen Bakat dan Minat adalah Lomba Geguritan dan Puisi untuk anak SD di seluruh Kota Tegal dengan mengundang mereka ke Kampus PGSD UPP TEGAL.
Itulah sedikit gambaran dari Program Kerja yang akan dilaksanakan selama satu tahun ke depan. Semoga Program-program yang telah disusun data dijalankan dengan lancar dan tanpa halangan, serta dapat terus memajukan Kampus Tercinta PGSD UPP TEGAL FIP UNNES. PGSD JOSS!! PGSD JOSS!! PGSD JOSS JOSS JOSS!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar