Jumat, 01 Maret 2013

SERTIJAB & KONGRES MAHASISWA HIMA & BPH PGSD UNNES UPP TEGAL 2013

                                                                                                          
PGSD – Hidup Mahasiswa !!! Di penghujung liburan semester gasal ini , HIMA Pangudi Luhur mempunyai kegiatan besar yaitu Sertijab alias Serah Terima Jabatan . Kegiatan yang berlangsung pada 24 Februari 2013 ini bertempat di kampus kita tercinta yaitu Kampus PGSD UNNES UPP Tegal. Sertijab merupakan suatu kegiatan penyerahan jabatan dari fungsionaris HIMA tahun 2012 yang sudah memasuki masa purna bakti kepada fungsionaris HIMA 2013 yang terpilih dari hasil seleksi . Bukan cuma HIMA aja looh , tapi sertijab ini juga untuk BPH (Badan Pengawas HIMA) . Sertijab ini ditandai dengan acara pelantikan dilanjutkan Kongres Mahasiswa . Mau tahu bagaimana kegiatan ini berlangsung ?? Makanya artikel ini terbit untuk melaporkan kegiatan tersebut :)
Sebelum acara sertijab dimulai , diadakan gladi bersih sekitar pukul 07.00 WIB bertempat di lapangan tengah Kampus PGSD UNNES UPP Tegal, gladi bersih ini sendiri diadakan agar pendemisioneran dan pelantikan lebih sempurna . Peserta dari gladi bersih ini adalah para fungsionaris,baik fungsionaris baru ataupun fungsionaris lama dari HIMA ( Himpunan Mahasiswa ) dan BPH ( Badan Pengawas HIMA ).

Setelah acara gladi bersih selesai, maka seluruh peserta sertijab menuju ruangan S2 yaitu ruang A5-113 dan A5-114 guna memulai acara Sertijab. Acara inipun dimulai pada pukul 07.30 WIB dengan diawali pembukaan. Setelah pembukaan, acara diisi dengan tilawah dan sari tilawah yang dibawakan oleh Ikhwan Fatkhur Riyadi dan Ghaida Awaliyah dengan suasana hening dan khidmat. Setelah tilawah dan sari tilawah selesai, semua peserta sertijab dimohon berdiri guna menyanyikan Lagu Kebangsaan kita Indonesia Raya sebagai bentuk kecintaan kita terhadap Ibu Pertiwi . Acara dilanjutkan dengan sambutan- sambutan. Sambutan pertama diberikan oleh Ketua Panitia sertijab yaitu Desi Tri Widyastuti. Kemudian sambutan ke dua dilanjutkan oleh Pendamping Kemahasiswaan bapak Mohammad Fathurrohman,S.Pd,M.Sn selaku Pendamping Kemahasiswaan, kemudian sambutan terakhir diberikan oleh Koordinator PGSD UPP Tegal yaitu Drs. Akhmad Junaedi, M.Pd.
Acara sesi kedua dimulai pukul 09.50 WIB, acara berlangsung dengan adanya serah terima jabatan dari ketua HIMA PANGUDI LUHUR, yaitu Aji Sularso kepada ketua HIMA yang baru yaitu Agus Miftakhudin kemudian serah terima jabatan dari ketua BPH yaitu Devi Hanisah kepada ketua BPH yang baru Yusika Yanuarsih . Disaksian oleh Drs. Akhmad Junaedi, M.Pd, Mohammad Fathurrohman,S.Pd,M.Sn, dan para fungsionaris HIMA dan BPH.

Setelah serah terima jabatan selesai, acara dilanjutkan dengan Laporan Pertanggung Jawaban dari HIMA Pangudi Luhur. Pukul 10.25 WIB LPJ selesai langsung dilanjutkan dengan pengkondisian sebelum pelaksanaan pendemisioneran dan pelantikan.
Setelah semuanya siap, pukul 10.35 WIB acara pendemisioneran dan pelantikan siap dilaksanakan. Walaupun cuaca siang itu sangat panas, tetapi para fungsionaris tetap semangat dibalik keringat yang mulai menetes. Pendemisioneran dan pelantikan pertama dilakukan oleh HIMA. Pendemisioneran ditandai dengan pengambilan sumpah kesiap sanggupan fungsionaris baru untuk melaksanakan tugas di organisasi. Setelah HIMA selesai, kemudian dilanjutkan dengan pendemisioneran dan pelantikan dari BPH. Dengan adanya pelantikan ini, maka resmilah pergeseran jabatan dan masa bakti dari HIMA tahun 2012 ke HIMA tahun 2013.

Acara pelantikan selesai pukul 11.10 WIB, dan para fungsionaris kembali lagi ke ruang S2 A5- 113 dan A5 – 114 untuk melaksanakan Kongres Mahasiswa. Kongres Mahasiswa dengan agenda tentang Tata Tertib dipimpin oleh 3 presidium sementara, yaitu Presidium pertama Tegar Pambudhi, Presidium kedua Wahyu Hadi Pranoto dan Presidium ketiga adalah Yustiar Budhiardiana.
Kongres dengan agenda Tata Tertib ini berakhir pada pukul 12.30 WIB. Sebelum diadakannya ishoma ( istirahat, sholat, dan makan ), terlebih dahulu diadakan pemilihan Presidium tetap. Setelah adanya berbagai usulan nama dari para peserta kongres dan diberlakukannya sistem Voting, akhirnya terpilihlah Presidium tetap yaitu Presidium pertama Andi Setyawan, Presidium kedua Agung Fernando dan Presidium ketiga Ikhwan Fatkhur Riyadi. Untuk sementara sidang ditunda selama 1 jam dan peserta kembali pukul 13.30 WIB.
Sekitar pukul 13.30 , peserta kembali memasuki ruangan untuk melanjutkan agenda sidang yang membahas tentang Anggaran Dasar HIMA , persidangan dipimpin oleh presidium tetap I Andi Setiawan , dengan didampingi presidium tetap II Agung Fernando dan presidium tetap III Ikhwan Ftkhur Riyadi . Persidangan berlangsung menarik karena peserta sangat aktif melakukan interupsi dan lobby (indahnyaaa demokrassiii :D ). Selesai membahas Anggaran Dasar HIMA , persidangan dilanjutkan dengan membahas Anggaran Rumah Tangga HIMA . Peserta mengusulkan agar dilangsungkan pergantian presidium sidang dengan alasan presidium pertama Andi Setiawan terlihat kelelahan . Oleh karena itu , posisi presidium pertama digantikan oleh Agung Fernando . Jalannya persidangan berlangsung lebih seru karena peserta sidang sangat antusias mengikuti sidang . Memasuki waktu sholat ashar , persidangan belum selesai sehingga diputuskan  jeda 20 menit untuk menjalankan ibadah sholat . Memasuki pukul 16.40 peserta kembali memasuki ruangan untuk menyaksikan persidangan yang tertunda . Mungkin karena waktu yang sudah cukup sore dan kegiatan yg berlangsung dari pagi , antusiasme peserta berkurang . Eiittss tapi persidangan tetap berlangsung lancar kok :D

Sidang sesi ketiga dipimpin kembali oleh presidium pertama Agung Fernando atas permintaan peserta . Persidangan yang mengagendakan Garis Besar Haluan Kerja atau GBHK ini , berlangsung cukup singkat dan selesai sekitar pukul 17.15 . Akhirnya , dengan mengucap syukur dan hamdallah , acara Sertijab sekaligus Kongres Mahasiswa berlangsung dengan lancer tanpa kendala . Dengan berakhirnya acara , menandakan pengabdian HIMA 2013 segera dimulai :)

berikut beberapa moment yang berhasil kami abadikan :D

Fungsionaris HIMA

Fungsionaris BPH

Serah teima jabatan ketua BPH lama (kanan) dengan ketua BPH baru (kiri)

Serah terima jabatan ketua HIMA lama (kiri) dengan ketua HIMA baru (kiri)

Fungsionaris HIMA



Gladi bersih

Presidium tetap pertama Andi Setiawan (tengah) , presdium kedua Agung Fernando (kanan) , presidium ketiga Ikhwan Fatkhur (kiri)






1 komentar: