Kamis, 23 Mei 2013



Seminar Nasional Pendidikan
Menggali dan Menyongsong Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar

Salam Konservasi!          
Sabtu 18 Mei 2013, BEM KM Unnes bekerjasama dengan BEM FIP dan juga HIMA PGSD UPP Tegal menyelenggarakan Seminar Nasional bertemakan “Menggali dan Menyongsong Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar” dengan menghadirkan pembicara Dr. Dadang Sundawa, M.Pd dan Retno Listyarti S. Pd., M. Si. Acara yang berlangsung di gedung Mulyadamai ini dimulai sekitar pukul 08.00 WIB dengan dibuka secara apik oleh penampilan dari teman-teman COP45 yang bertalenta. Dipandu oleh MC Faris dan Yantri, acara ini dibuka dengan membaca kalimat basmalah dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Lantunan ayat suci Al-Quran oleh rekan Andi
Purnomo menambah khidmat acara hari itu. Selanjutnya diisi oleh sambutan-sambutan dari Drs. Akhmad Junaedi, M. Pd selaku koordinator PGSD UPP TEGAL, Makhmud Kuncahyo selaku presiden mahasiswa UNNES, dan Lesy Puspitasari selaku ketua panitia penyelenggara.
Setelah sambutan-sambutan, penganugerahan PGSD Grand Award untuk guru teladan di Tegal diberikan kepada Bapak Ahmad Fatoni, S.Pd. Beliau diberi penghargaan tersebut atas dedikasinya sebagai guru inovatif dalam mengajar di SD. Penghargaan ini bertujuan untuk memberi motivasi kepada mahasiswa agar senantiasa inovatif dan kreatif dalam menciptakan pembelajaran-pembelajaran kelak ketika mengajar di SD. Selanjutnya acara inti, yaitu pemaparan materi oleh Dr. Dadang Sundawa, M.Pd dan Retno Listyarti S. Pd., M. Pd dengan dipandu oleh Alfa Bayu Sanjaya sebagai moderator. Materi seminar kali ini membahas pro kontra mengenai kurikulum 2013 yang rencananya akan diterapkan tahun ini. Antusiasme tamu undangan, dosen, dan para mahasiswa begitu tinggi ketika dibuka termin pertanyaan seputar materi seminar.
Ibu Retno Listyarti sempat memperagakan bagaimana menerapkan pendidikan karakter dalam pembelajaran di kelas. Setelah acara inti selesai, dilanjutkan dengan sambutan dari PR III Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd. Sebelum acara tersebut ditutup, diberikan penghargaan untuk para nominator dan penerima Grand PGSD award. Semangat pengajar muda!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar