Minggu, 24 Maret 2013

Studium General


Studium General atau yang sering disingkat menjadi SG adalah sebuah kegiatan yang dilaksanakan oleh Unit Mentoring Agama Islam atau UMAI.  Acara ini adalah sebagai penunjang dari mata kuliah Pendidikan Agama Islam dan wajib bagi mahasiswa semester 2 yang mengambil mata kuliah pendidikan agama islam.

Pada tahun ini UMAI dilaksanakan di pada tanggal 23 Maret 2013 dengan tema “ Merajut hidup yang lebih bermakna dengan belajar ilmu agama” . Studium General dibuka pada pukul 08.10 WIB oleh pembawa acara kita, yakni akhi Imam Bukhori dan M. Miftakhurrohman. Sebagai acara pertama, ditampilkan dari UKM REMO (Rebbana Modern) UNNES. Setelah itu, dibacakanlah ayat suci Al Qur’an.
Sambutan pertama diberikan oleh ketua UMAI Tegal, Akhi Moh. Hasan, kedua sambutan dari perwakilan Umai Pusat yang diwakili oleh Akhi Arissudin dan terakhir sambutan dari dosen pengampu mata kuliah pendidikan agama Islam, Bapak Drs. Teguh Supriyanto,M.Pd dan sekaligus pembukaan acara UMAI secara resmi.

Penampilan hadroh dari REMO UNNES untuk mengisi waktu istirahat. Setelah istirahat, dilanjutkan dengan acara inti, yakni pengajian umum dari Ustadz Anif Sirsaeba El Shirazy. Pada pengajian kali ini, beliau memberikan sedikit tips, diantaranya :

1.       Jadikanlah Allah sebagai penolong, jika kita ridha Allah sebagai penolong kita.
Jika engkau menolong (agama) Allah, maka Allah (pasti) akan menolongmu."

2.       Yakinlah dan peganglah Islam erat-erat, niscaya Allah bersamamu.
Sesungguhnya agama yang diridhai di sisi Allah adalah Islam

3.       Berpegang teguhlah dan kembalilah kepada Al-Qur’an jika engkau dirundung aneka persoalan hidup
“ … di dalam Al-qur’an sesungguhnya terdapat obat (aneka penyakit dan persoalan hidup) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman

4.      Percaya pada Rsulullah tanpa tawar, niscaya engkau sukses.
Sesungguhnya telah ada bagimu dalam diri Rasulullah itu suri tauladan yang baik


Pengajian bersama Ustadz Anif Sirsaeba El Shirazy

Persiapan sebelum Studium General

Tidak ada komentar:

Posting Komentar